Friday, 18 November 2016

Cara Mengatasi Rasa Malu Dalam Bergaul


mengatasi-rasa-malu

1. Buatlah pertanyaan terbuka pada semua orang

     Orang biasanya akan sangat tertarik jika membicarakan tentang diri mereka sendiri dan temukan lah topik yang membuat orang lain jadi tertarik dan membuat orang lain senang berbincang dengan anda. Dan ajukan pertanyaan yang jawabannya lebih dari sekadar ya atau tidak.


2. Pikirkan cara anda merasa dan bertindak di sekitar orang yang Anda kenal

     Rasakan lah bahwa anda sedang berada di sekitar orang yang sudah anda kenal, di mana anda bisa merasa nyaman dan bersikap spontan.

Alihkan perasaan itu saat anda bertemu kenalan baru, begitu pula dalam situasi yang membuat rasa percaya diri anda memudar.


3. Hindari terlalu memikirkan diri Anda sendiri

     Jangan sampai seluruh fokus anda tercurah pada kata-kata sendiri dan perasaan anda, selanjutnya anda pasti akan merasa gugup sendiri.

Ingat-ingat apa yang digunakan orang lain dan buat catatan tersendiri, dengarkan apa yang mereka perbincangkan, bayangkan di mana mereka tinggal, buat sebuah garis besar dan ingat-ingat nama mereka.

4. Nikmati waktu Anda

     Hindari mengatakan hal-hal tanpa berpikir dahulu. Ajukan pertanyaan, dan jika mendapat pertanyaan, anda dapat mempertimbangkan jawaban terlebih dahulu sebagai tanggapan anda, jangan asal menjawab tanpa berpikir.

Jawaban yang dikeluarkan secara perlahan adalah cara untuk bersikap santai.

5. Berhentilah percaya pada imajinasi anda

     Pernahkah anda membayangkan sesuatu yang sangat indah misalnya membayangkan suatu tempat yang belum pernah anda kunjungi namun pada realitanya sangat jauh berbeda dengan apa yang anda bayangkan.

Itulah salah satu bukti sangat tidak di percaya nya imajinasi. Jadi mulai sekarang berhentilah mempercayainya dan berhenti memikirkan apa yang dipikirkan orang lain.

6. Berhentilah memikirkan “ segalanya atau bukan apa-apa” 

     Pada saat emosi anda akan berpikir “pasti begini atau pasti begitu” . orang yang sedang marah, depresi, dan gelisah melihat kenyataan dari hal-hal ini dengan perbedaan yang ekstrem.

Bagi orang yang sedang marah”anda salah “ dan mereka benar ”mereka benar” . orang yang marah akan melihat dirinya “gagal” sedangkan yang lain berhasil.

7. Latihan menggunakan hipnotis

     Hipnotis adalah cara terbaik untuk mengubah tanggapan emosi anda dalam berbagai situasi. Hanya pikirkan bahwa pikiran dan tubuh anda dalam keadaan rilek sewaktu bertemu orang baru.

Sebenarnya, sewaktu anda merasa santai seringkali anda akan menemukan saat yang tepat untuk menerapkan hipnotis agar merasa lebih percaya diri saat bertemu dengan orang-orang baru.

Dan tentu saja pada titik ini rasa malu anda akan tersingkir dengan sendirinya.

0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Untuk Berlangganan Trik Sukses Terbaru