Monday, 12 December 2016

9 Solusi Modal Bagi Anda Yang Bingung Mencari Sumber Modal

solusi modal


1. Tabungan Anda sendiri

Sumber modal paling simpel adalah tabungan Anda sendiri atau modal pribadi. Modal pribadi sebenarnya sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan modal pribadi lebih mencerminkan kemandirian.

 Dan apabila suatu saat nanti Anda telah sukses dan berhasil, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dari hasil kerja dan modal sendiri. 

Selain itu, dengan menggunakan modal sendiri Anda tidak akan mengalami rasa bersalah kepada orang lain jika mengalami kegagalan atau pun kerugian. 

Intinya jika memang Anda mampu memodali  usaha sendiri maka jangan terlalu mengharapkan bantuan modal dari orang lain.

2. Menjual Barang Berharga Sendiri.

Jangan takut untuk mengorbankan apa yang Anda miliki. Yakinlah bahwa Tuhan akan mengembalikannya jika memang barang itu sudah ditakdirkan menjadi milik Anda. 

Dan kalau pun bukan, Tuhan akan memberikan yang lebih baik dari itu, yang terpenting Anda harus yakin. Karena jika Anda yakin, maka Keajaiban Dari Keyakinan akan datang.

Tidak ada salahnya menjual barang-barang berharga untuk sesuatu yang besar. Apalagi jika barang-barang itu hanya memperbengkak pengeluaran Anda. Jangan hanya mengutamakan Ego semata, pikirkanlah masa depan Anda.

3.  Pinjaman Dari Anggota Keluarga Atau Teman

Teman atau keluarga adalah salah satu alternatif untuk memperoleh modal usaha. Dengan modal dari orang lain seperti dari teman atau keluarga, Anda akan semakin terdorong untuk mengembangkan bisnis sebaik-baiknya. 

Anda akan selalu di bebani dengan rasa tidak mau mengecawakan orang yang memberi modal pada Anda. Dan kalau memungkinkan jangan singgung mengenai bagi hasil. 

Pastikan bahwa Anda hanya sekadar meminjam dan tidak menjanjikan hasil usaha Anda nantinya kepada pemberi modal.

4. Modal Pinjaman Dari Pengusaha

Di sinilah taktik Anda sangat diperlukan. Sebisa mungkin jalinlah hubungan yang baik dengan Pengusaha-pengusaha yang bidangnya sama dengan Anda. 

Yakinkan mereka tentang usaha yang Anda rencanakan. Maka dari itu diperlukan metode atau cara yang tepat agar mereka mau memberikan modal untuk Anda.

5. Modal Dari Pemilik Modal Dengan Adanya Sistem Bagi Hasil

Mendapatkan modal dengan cara ini tidaklah buruk. Terutama bagi Anda yang amat kesulitan mencari modal. 

Sama seperti metode sebelumnya, cara ini membutuhkan kemampuan untuk meyakinkan investor agar mau berinvestasi. 

Dan jangan lupa dalam pembagian hasilnya Anda harus memikirkan matang-matang agar tidak mengalami kerugian nantinya.

6. Modal Dari Patungan Tim

Metode ini biasa dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin membangun usaha bersama-sama. Namun pada hakikatnya, modal yang dikumpulkan itupun berasal dari modal pribadi masing-masing. Akan tetapi, dengan cara seperti ini biaya permodalan akan terasa lebih ringan.

7. Modal Ventura

Metode ini sangat menguntungkan bagi usaha kecil. Dalam metode ini pemodal secara langsung menyuntikkan dana dan ikut mengatur usaha Anda dalam jangka waktu beberapa tahun saja. Di sini pemodal juga sebagai pemilik saham yang menginginkan keuntungan.

8.  Modal Bantuan Dengan Sistem Bapak Angkat

Perusahaan besar juga turut membantu perusahaan-perusahaan kecil. Biasanya yang diminati adalah sentra usaha kecil yang telah terkoordinir di suatu tempat dengan baik.

9. Modal Dari Pinjaman Lembaga Keuangan

Sekarang banyak lembaga keuangan yang memberikan bantuan modal kepada mereka yang sedang memulai usaha. 

Misalnya saja koperasi dan bank yang telah bersistem syari’ah. Yang tentu saja menjauhkan Anda dari bunga tinggi dan lebih menguntungkan bagi Anda. Ada 6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha.

0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Untuk Berlangganan Trik Sukses Terbaru