Jumat, 23 Desember 2016

14 Trik Ajaib Meningkatkan Kemampuan Otak Menjadi Luar Biasa


Otak merupakan suatu kesatuan yang sangat kompleks yang ada dalam diri kita. Otaklah yang mengatur seluruh aktivitas dan hal-hal yang terjadi pada tubuh kita.   

Maka dari itu, Pembelajaran yang paling susah dalam ilmu biologi adalah pembelajaran mengenai otak. Apalagi jika yang dibahas adalah otak manusia. Otak manusia lebih kompleks dan lebih berkembang pesat. 

Mengapa manusia dianggap sebagai spesies tingkat paling atas?

Tidak lain karena otak manusia yang cenderung lebih sempurna dibandingkan spesies atau organisme lain. Otak yang kita miliki memberikan kita kemampuan untuk merencanakan, membayangkan, berpikir, dan berbicara. 

Di dalam otak manusia, terdapat sekitar milyaran sel saraf yang saling berinteraksi dengan konstan satu dengan yang lainnya. 

Proses interaksi ini dibantu oleh proses elektrokimia yang dapat di definisikan sebagai gerakan natrium, kalium, dan ion klorida yang keluar masuk pada sel dengan arus listrik sebagai pembantunya. Otak yang kita miliki massanya hanya 3 pond, tetapi seluruh mekanisme dan aktivitas tubuh diatur olehnya.

Ada mitos yang mengatakan bahwa manusia sekarang baru menggunakan 10 % dari keseluruhan kemampuan otaknya. Entah benar atau tidak, hal tersebut masih jadi misteri yang jadi bahan perbicangan di masyarakat. Ada banyak sekali misteri tentang otak, salah satunya yaitu misteri tentang telekinesis.

Walaupun hanya mitos, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengembangkan kemampuan dan performa dari otak kita sendiri. Berikut penjelasan cara melakukannya.

Pada dasarnya, otak manusia terbagi menjadi 2, yaitu otak kiri dan otak kanan.
  • Otak kiri berperan dalam : mengatur tubuh bagian kiri, keterampilan matematika dan ilmiah, analisis, menulis, dan obyektifitas. Orang yang lebih cenderung menggunakan otak kirinya lebih menggunakan logika yang rasional untuk mencari penyebab masalah lalu kemudian mencari solusi dalam memecahkan suatu masalah.
  • Otak kanan berperan dalam : mengatur tubuh bagian kanan, selera musik dan seni, subyektifitas, intuisi, imajinasi, emosi, dan penyatuan. Sedangkan orang yang lebih cenderung menggunakan otak kanannya lebih mengarah ke kreativitas dalam menyelesaikan suatu masalah.

Kebanyakan orang hanya cenderung menggunakan salah satu bagian otaknya, sehingga ada yang namanya kepribadian. Tetapi akan lebih baik lagi jika dalam penggunaan kedua bagian otak diseimbangkan yaitu otak kanan dan kiri.

Sesuai dengan pembahasan di atas bahwa otak manusia terbagi menjadi dua, begitu pun dengan cara mengembangkan kemampuannya. Tiap bagian otak punya cara tersendiri dalam mengembangkannya. Caranya yaitu sebagai berikut :

A. Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Kiri 

1. Latih Kemampuan Mengamati

Dalam hal ini, perhatikanlah lingkungan sekitar Anda dan rekam dalam memori otak Anda. Ingatlah setiap bagian-bagian benda yang ada di sekitar Anda, pastikan Anda mengingat sampai bagian yang sedetail-detailnya.

Jika perlu, minta bantuan teman Anda untuk menghilangkan salah satu benda yang ada di sekitar Anda. Dan Anda harus bisa mengingat benda apa yang hilang. Dengan begitu, ingatan Anda akan semakin tajam. 

2. Asah Indra

Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan dalam mempertajam panca indra Anda.

Indra Penciuman

  • Melakukan terapi penciuman, caranya yaitu dengan mencium beberapa aroma kuat setiap hari seperti minyak esensial (Lemongrass, Geranium Rose, Vanilla dan Cemara) atau dengan toples yang didalamnya diberi zat yang berbau misalkan kopi, daun basil kering, dan berbagai wewangian yang Anda sukai.
  • Melakukan terapi penciuman sambil menutup mata dan menarik napas, suruh teman Anda memegangi wewangian tersebut dan Anda harus bisa menebak zat apa yang diberikan pada Anda.
  • Berolahraga ringan, dengan olahraga ringan akan membantu peningkatan penciuman Anda.

Indra Perasa 

  • Mengurangi penggunaan gula dan garam, kedua bahan tersebut akan mengacaukan indra perasa Anda dan akan menyulitkan Anda dalam mengidentiikasi rasa. Apabila Anda mengurangi penggunaannya mungkin makanan Anda akan terasa hambar, tetapi setelah satu minggu maka rasa makanan Anda nantinya akan timbul dengan sendirinya. 
  • Hindari makanan cepat saji, makanan cepat saji biasanya mengandung bahan kimia yang akan mengacaukan indra perasa.
  • Variasikan makanan Anda, gunakan bumbu dapur yang jarang Anda gunakan. Dan usahakan agar warna dan teksturnya berbeda-beda.

Indra Penglihatan

  • Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A,C dan E.
  • Usahakan agar di meja kerja Anda memiliki cahaya yang cukup.
  • Apabila seharian bekerja di depan komputer, sebisa mungkin pergilah keluar sejenak untuk meregangkan mata dengan melihat objek yang jaraknya agak jauh.
  • Pastikan untuk minum 8 gelas dalam sehari agar mata pun tidak kekurangan cairan.
  • Lakukan latihan mata dengan menggerak-gerakkan mata, fokus pada suatu benda, dan melihat ke sekeliling.

Indra Pendengar

  • Konsumsi Anggur merah, dalam anggur merah terdapat zat  bernama resveratol yang dapat meningkatkan indra pendengaran.
  • Mendengar musik, dengarkan musik dengan volume sedang ke rendah. Lebih bagus lagi jika musik yang didengarkan yaitu musik jazz.
  • Menghindari suara-suara bising (berisik), seperti di tempat konser, jalan raya yang macet, dan tempat-tempat yang banyak mesin bisingnya.

Indra Peraba

  • Amati apa yang Anda sentuh, penelitian menyatakan bahwa ada hubungan antara melihat dan menyentuh. Jadi ketika Anda menyentuh sesuatu maka amati baik-baik bentuknya.
  • Rasakan apa yang Anda sentuh, rasakan bagaimana tekstur dan permukaan dari apa yang Anda sentuh.
  • Perhalus kulit Anda, kulit yang halus akan lebih sensitif dibandingkan kulit yang kasar.

3. Hafalkan Nama Teman-Teman Anda dan Pasangkan Dengan Nomor Teleponnya

Berlatihlah menghafal semua nama teman-teman Anda serta hafal pula nomor teleponnya. 

Dalam satu hari misalnya harus menghafal 20 nama dan nomor teleponnya. Di minggu kedua menjadi 25, minggu ketiga menjadi 30, di minggu keempat menjadi 35, dan begitu seterusnya.
  
Usahakan Anda menghafal sebanyak mungkin dan terus tingkatkan rekor menghafal Anda dengan cara tersebut. Semakin banyak yang Anda hafal maka akan semakin bagus.

4. Pelajari Sesuatu Yang Baru

Banyak-banyaklah membaca dan bertemu dengan orang yang baru, pelajari sesuatu yang baru setiap harinya. Walaupun yang Anda pelajari itu bukanlah bidang atau hal yang menarik dan sesuai dengan minat Anda.

Yang terpenting adalah Anda mempunyai pengetahuan yang baru setiap harinya. Baik itu yang Anda sukai maupun tidak. Tidak ada ruginya mempelajari sesuatu yang baru karena semakin banyak pengetahuan yang dimiliki akan semakin baik.

5. Gunakan Tangan Supaya Mengikuti Petunjuk Lokal

Hal ini dapat dipraktekkan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts pada keyboard, serta dapat pula dengan latihan menulis halus. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, yang terpenting tangan harus mengikuti perintah lokal dari otak. Dengan begitu maka kemampuan otak kiri akan meningkat.

6. Tekuni Hobi

Kalau tadi Anda di suruh mempelajari hal yang tidak Anda minati atau sukai, justru pada poin ini Anda harus menekuni apa yang telah menjadi hobi dan minat Anda. 

Jangan melupakan dan mengabaikan apa yang Anda telah pelajari. Jika memang Anda menyukainya, maka tekuni dan kembangkanlah hal tersebut.

7. Pelajari dan Hafalkan Tanggal-Tanggal Penting

Hafalkan tanggal-tanggal yang bersejarah dalam hidup Anda, misalkan tanggal lahir, tanggal pertama kali jatuh cinta, atau tanggal-tanggal lain yang berpengruh dalam hidup Anda. 

Saya sarankan untuk menghafal tanggal-tanggal lahir orang yang ada di sekitar Anda, misalnya adik, ayah, ibu, paman, bibi, nenek, kakek, sepupu, dan bahkan tanggal lahir tetangga-tetangga Anda.

8. Hafalkan Sesuatu Yang Anda Sukai

Biasanya sesuatu yang disukai akan sangat mudah untuk diingat. Hal yang Anda sukai dapat mencakup puisi, lagu, sajak, kata-kata konyol, kata-kata gombal, atau apalah yang menarik bagi Anda. 

Dan diusahakan apa yang Anda hafal terdapat bahasa asingnya, misalkan lagu-lagu bahasa inggris, puisi bahasa inggris, dan sejenisnya.

9. Latihan Menghafal Deretan Angka Panjang

Hafalkan deretan angka seperti 47498709502454. Dengan menghafal deretan angka tersebut  berarti Anda telah memperbaiki daya ingat jangka pendek Anda. 

Setelah menghafalnya, cobalah untuk mengelompokkan tiap-tiap angka tersebut. Misalnya 47498, 7095, dan 02454 dengan begitu daya ingat Anda akan meningkat tajam.

10. Ingat dan Teliti Ulang Pengeluaran Harian Anda

Apa yang kemarin Anda beli? Berapa uang yang Anda punya? Kapan Anda terakhir kali menarik uang di Bank dan seterusnya. 

Latihan-latihan ini akan merangsang sel otak Anda memperbesar kekuatan mengingat Anda.

11. Ingat Perjalanan Pribadi

Selalu ingat apa yang Anda lakukan setiap waktu, misalkan pada pukul 12.00 Anda sedang berada di mana? dengan siapa? dan sedang melakukan apa? ingatlah hal-hal secara mendetail tentang keseharian Anda.

Ketika Anda melakukan perjalanan ke suatu tempat, usahakan untuk mengingat apa yang ada di sekeliling. Baik itu pemandangan, orang-orang, pepohonan, dan objek-objek lainnya.

B. Cara Mengembangkan Kemampuan Otak Kanan

Ada 4 cara atau metode yang dapat Anda gunakan untuk melatih otak kanan, yaitu:

1. Melatih Diri Berpikir Menyebar, Aneh-Aneh dan di Luar Kotak


Hal ini akan merangsang otak Anda untuk lebih kreatif, bagaimana berpikir dan menemukan ide-ide baru secara cepat. 

Dengan cara berpikir seperti ini, otak akan lebih cepat menanggapi dan memberikan solusi dalam waktu yang singkat.

2. Lebih Menyukai Kegiatan atau Hobi di Alam Terbuka

Hobi atau kegiatan yang lebih banyak membutuhkan gerak seperti berenang, memancing, bersepeda, berjalan-jalan, berlari-lari, berkemah, atau hiking akan mengasah otak kanan Anda menjadi lebih baik. 

Jika Anda adalah kategori orang yang cenderung membenci kegiatan-kegiatan atau aktivitas di alam terbuka. Se-bisa mungkin usahakan untuk belajar mencintainya. Semua itu bukan tanpa alasan, semua itu untuk mengembangkan kemampuan otak kanan Anda. 

Saya secara pribadi telah membuktikannya, dahulu saya termaksud kategori orang yang membenci hal-hal yang berkaitan dengan alam terbuka. Namun ketika saya mencoba mencintai dan melakukan kegiatan tersebut, saya merasa ada perbedaan di dalam diri saya. 

Saya merasa seperti pikiran saya lebih terbuka, fresh, lebih aktif, dan tentunya lebih baik dari biasanya. Sekarang giliran Anda untuk mencobanya.

3. Mengaktifkan Kemampuan Bawah sadar


Cara yang biasa digunakan untuk mengaktifkan pikiran bawah sadar yaitu:
memejamkan mata pada saat orang lain menjelaskan sesuatu. 

Dapat pula dengan memejamkan mata sambil mendengarkan musik dan tentu saja dengan tidak tertidur.  

Selalu fokus dan konsentrasi ketika melakukan suatu hal dan melupakan hal lain yang tidak berkaitan dengan apa yang Anda lakukan.

Membebaskan diri dari urutan, ketika urutan dilanggar maka pikiran bawah sadar akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah.

4. Melalui Pendekatan Religius


Dalam metode ini, bisa Anda lakukan tergantung dengan Agama dan kepercayaan apa yang Anda anut. Tidak ada keterikatan bahwa Anda harus melakukan cara yang bertentangan dengan agama Anda. 

Bagi Agama Kristen mungkin punya cara yang berbeda dengan cara yang dilakukan oleh orang yang beragama Islam. Sekali lagi saya tegaskan bahwa metode apa pun yang Anda lakukan, tergantung pada Agama dan kepercayaan apa yang Anda anut. 

Bagi orang beragama Islam dapat melakukan metode dzikir, berpuasa, sholat tahajjud, sholat istikharah, dan amalan-amalan sukses spiritual. 

Artikel Terkait

14 Trik Ajaib Meningkatkan Kemampuan Otak Menjadi Luar Biasa
4/ 5
Oleh

Mau Berlangganan?

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: