Selasa, 31 Januari 2017

7 Rahasia Sukses Berbicara Di Depan Umum Seperti Seorang Ahli


Berbicara di depan umum adalah sesuatu yang sangat umum dan penting untuk di pelajari karena akan sangat berperan dalam kehidupan Anda.

Jika Anda ingin bertanya apa saja peran berbicara atau Public Speaking dalam kehidupan, Anda akan menemukan jawabannya di artikel “Pentingkah Public Speaking ?”.

Untuk itu Anda harus mengasah kemampuan berbicara di depan umum sebaik mungkin. Semakin Anda mengasah kemampuan berbicara maka semakin hebat nantinya Anda dalam berbicara.

Semua orang bisa berbicara, tetapi ada juga orang yang tidak mampu karena merasa dirinya tidak bisa melakukannya. Padahal sebenarnya ia bisa, namun karena ada faktor yang mempengaruhi sehingga menjdi tidak bisa.

Untuk itu, kami membagikan beberapa tips yang bermanfaat dan akan membantu Anda agar lancar berbicara di depan umum seperti seorang ahli. Berikut tipsnya :

1. Percaya Diri


Kunci utama dalam Public Speaking adalah percaya diri. Jika Anda tampil dalam keadaan tidak percaya diri maka Anda akan terlihat seperti orang yang kebingungan. Jadi sebisa mungkin tumbuhkan rasa percaya diri tersebut. Jika Anda mengalami kesulitan dengan itu, berikut solusinya :

a. Persiapan Yang Matang

Persiapan yang dimaksud adalah persiapan dari segi materi yang akan disampaikan dan apapun yang berkaitan dengan materi tersebut.

Apabila Anda telah mempersiapkan materi dengan baik serta menguasainya, saya pikir itu akan menjadi point yang akan mendorong Anda untuk percaya diri.

Namun apa jadinya jika sebaliknya? Tentu saja rasa keraguan dari dalam diri Anda akan muncul. Rasa keraguan itu sebenarnya muncul karena Anda tidak yakin pada diri Anda sendiri.

Hal ini dikarenakan Anda selalu memberikan sugesti negatif pada diri Anda mengenai apa yang akan  terjadi nantinya.

Bagaimana bila nanti mereka menertawakan saya? Bagaimana bila mereka mengacuhkan saya? Bagaimana bila nanti mereka mengejek saya?

Bagaimana bila nanti saya lupa apa yang ingin saya sampaikan? Bagaimana bila nanti saya terjatuh karena tersandung sesuatu? Bagaimana bila nanti saya terpojokkan?

Bagaimana bila nanti saya tidak bisa menjawab pertanyaan mereka? Dan seterusnya..........

Buanglah jauh-jauh pemikiran seperti itu, pemikiran yang demikian hanya akan menjerumuskan Anda.  

b. Perhatikan Penampilan Anda

Penampilan adalah salah satu kunci meningkatkan kepercayaan diri. Pasalnya ketika Anda berbicara di depan umum, pasti semua mata yang ada akan tertuju pada Anda.

Apabila penampilan Anda kurang bagus atau buruk, orang lain akan menilai Anda negatif dan tidak akan peduli pada apa yang Anda sampaikan dan bahkan mencelanya.

Namun jika penampilan Anda bagus, bersih, rapi, dan tidak terlalu berlebih-lebihan, semua orang pastinya akan menilai Anda sebagai orang yang baik untuk diteladani.

Dan tentunya orang akan memperhatikan apa yang akan Anda sampaikan kepada mereka. Maka dari itu pentingnya untuk senantiasa menjaga penampilan apalagi jika memang ingin tampil berbicara di hadapan orang banyak.

Pada hakikatnya kita harus membangun kesan pertama yang positif pada orang lain, karena ketika Anda telah berhasil membuat kesan pertama yang baik, maka otomatis orang tersebut akan percaya dengan Anda, memperhatikan apa yang Anda katakan, dan tentunya tanpa ragu  melakukan apa yang Anda sarankan

C. Berdo’a

Tidak ada satu hal pun yang terjadi di dunia tanpa melibatkan kehendak Allah SWT. Selalu ingat Allah sebelum melakukan sesuatu. Termasuk sebelum berbicara di hadapan orang banyak.

Do’a akan memberi ketenangan pada batin Anda dan tentu saja setelah Anda berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan apa yang nantinya akan dikatakan.

2. Originalitas

Dalam ber-public speaking hendaknya Anda mengutamakan originalitas dari apa yang disampaikan. Maksudnya Anda harus jadi diri sendiri dan tidak meniru-niru orang lain.

Kalau bisa ciptakan ciri khas dari diri Anda agar orang lain lebih tertarik kepada apa yang Anda sampaikan.

Dengan adanya ciri khas membuat  Anda akan lebih terkenal, misalnya Mario Teguh mempunyai ciri khas “Super sekali....”, Tukul mempunyai ciri khas pada cara bertepuk tangannya yang tidak biasa, dan penyanyi dangdut Dewi Persik yang terkenal dengan goyang gergaji.

Intinya ciri khas yang dimiliki seseorang akan mendorong ketertarikan orang lain.

3. Ketulusan

Salah satu poin yang harus Anda perhatikan adalah ketulusan. Dalam berbicara di hadapan banyak orang harus dibarengi dengan ketulusan.

Ketulusan yang dimaksudkan adalah ketika berbicara audiens seperti merasa apa yang Anda sampaikan berasal dari hati Anda sendiri.

Janganlah berbicara seakan-akan menghafal teks atau sejenisnya. Dan jangan pernah berbicara seperti dibuat-buat serta jangan terlalu menonjolkan diri sendiri, karena yang jadi objek apresiasi adalah audiens.

4. Antusiasme


Tonjolkan rasa antusias Anda kepada audiens, jangan sampai audiens bosan dan jenuh ketika mendengar apa yang Anda sampaikan. 

Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah persiapan fisik yang optimal dan penguasaan materi yang baik.   

5. Empati

Empati adalah perasaan yang seolah-olah merasakan apa yang orang lain rasakan. 

Untuk itu Anda harus mengkondisikan diri Anda seakan-akan merasakan apa yang audiens rasakan. 

Sehingga nantinya Anda bisa menjadi lebih mudah dan peka bagaimana mencari solusi yang tepat dalam menghadapi audiens. 

6. Kejelasan

Apa yang Anda ucapkan di hadapan orang banyak haruslah terucap dengan jelas. bayangkan apa jadinya ketika Anda berbicara dengan tidak jelas dari segi pengucapan maupun makna? 

Tentunya akan sangat membingungkan audiens dan bahkan Anda akan jadi bahan ejekan audiens. Maka dari itu perlunya latihan bagi Anda bagaimana berbicara yang baik. 

Hal yang harus dilatih yakni pengaturan vokal, penggunaan microphone, dan selalu hindari istilah-istilah yang membingungkan audiens.

7. Entertaining

Yang tidak kalah penting dari public speaking adalah menghibur. 

Dalam artian tidak serius berlebihan dalam berbicara karena audiens akan cenderung bosan dengan apa yang Anda sampaikan. 

Cobalah untuk menyisipkan sedikit jokes atau humor serta cerita-cerita yang menarik minat audiens seperti cerita motivasi, games dan hal-hal lainnya.. 

Artikel Terkait

7 Rahasia Sukses Berbicara Di Depan Umum Seperti Seorang Ahli
4/ 5
Oleh

Mau Berlangganan?

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email