Sunday, 8 January 2017

Cara Mudah Mempengaruhi Orang Lain Agar Sependapat Dengan Pemikiran Anda

mempengaruhi

1. Hindari Perdebatan

Se-bisa mungkin, Anda harus menjauhi perdebatan. Karena perdebatan adalah pintu dari perpecahan. Apabila Anda berselisih paham atau berbeda pemikiran dengan orang lain, cepat atau lambat orang tersebut marah dan menjauhi Anda. 

Untuk itu, ketika Anda telah menyadari adanya tanda-tanda perdebatan, segera hindari.

2. Jangan Pernah Berkata “Anda Salah”

Sebenarnya di dunia ini tidak ada namanya yang salah, semuanya benar. Tergantung dari cara Anda memandangnya. 

Jangan hanya memandang sesuatu hanya dari satu sisi, tetapi cobalah memandang sesuatu itu dari sisi yang lainnya. Sebelum Anda memahami dan menganalisis pendapat atau perbuatan seseorang, jangan pernah langsung mengecapnya sebagai sesuatu yang salah. 

Karena secara tidak langsung, Anda sama saja merendahkan orang tersebut. Dan jika telah terjadi demikian, orang tidak akan pernah tertarik dengan Anda.

3. Akui lah Kesalahan Anda dengan Cepat Dan Simpatik

Kalau memang Anda merasa ada kesalahan, segera akui kesalahan itu. Karena dengan begitu orang lain akan menilai Anda sebagai sosok yang terbuka dan jujur. Di situ lah letak tercipta-nya daya tarik Anda untuk memikat orang lain mengikuti Anda.

4. Mulailah Dengan Cara Yang Ramah Dan Usahakan Orang Lain Mengucapkan “Ya,..Ya,...Ya” Dengan Segera

Ucapan “ya...ya...ya” adalah refleks spontan dari lawan bicara Anda yang menandakan bahwa ia tertarik dengan pembicaraan Anda. 

Kalau sudah demikian, tinggal bagaimana Anda mengusahakan bagaimana orang tersebut bersedia mengikuti Anda.

5. Biarkan Orang Lain Lebih Banyak Bicara Dan Lebih Merasa Bahwa Itu Adalah Ide-nya

Dengan membiarkan orang lain lebih banyak bicara, orang tersebut akan merasa diperhatikan dandi dengarkan. Dan orang akan lebih cenderung tertarik pada orang yang memahaminya. Jadi, se-bisa mungkin berilah kebebasan lawan bicara Anda untuk mengeluarkan apa yang ada di pikirannya.

6. Cobalah Dengan Sungguh-sungguh Melihat Segala Sesuatu Dari Sudut Pandang Orang Lain

Inilah kesalahan yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang. Hanya memandang sesuatu dari sudut pandangnya saja. 

Cobalah untuk melihat dari sudut pandang yang lain. Pahami bagaimana jika Anda berada di posisi orang lain dan jangan langsung menilai negatif orang tersebut. 

Pasti dibalik kenegatifannya selalu ada sisi positifnya.

7. Bersimpati lah Dengan Ide Dan Hasrat Orang Lain

Sama seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa orang lain akan cenderung tertarik pada Anda bila orang tersebut merasa diperhatikan oleh Anda. Jadi berilah simpati atau perhatian ketika ia menyampaikan ide-nya. 

Berilah respon yang positif. Jika memang Anda merasa bahwa ide-nya kurang bagus, berikan masukan tanpa menyinggung perasaannya.

8. Imbau lah Motif-Motif Yang Lebih Mulia

Motif yang mulia akan menjadi magnet penarik yang sangat ampuh untuk menarik orang lain mengikuti pemikiran Anda.

9. Dramatisir Ide-Ide Anda

Ketika menyampaikan ide Anda kepada orang lain. Sampaikan secara dramatisir, dalam artian ketika menyampaikannya  agak sedikit lebay atau berlebih-lebihan. Hal ini juga berperan penting dalam memengaruhi orang lain untuk mengikuti ide Anda.

10. Lemparkan Tantangan

Tantangan akan membangkitkan rasa penasaran orang lain, dan rasa kepuasan batin. Ketika satu tantangan telah terselesaikan, otomatis orang akan penasaran dengan tantangan-tantangan selanjutnya. 

Semuanya tergantung tantangan apa yang Anda berikan. Dan akan lebih baik jika ada hadiah atau pemberian kecil yang diterima ketika menyelesaikan tantangan.  


0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Untuk Berlangganan Trik Sukses Terbaru