Friday, 20 January 2017

Trik Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Berbicara Di Depan Umum

1. Persiapan Yang Matang


persiapan


Persiapan yang dimaksud adalah persiapan dari segi materi yang akan disampaikan dan apapun yang berkaitan dengan materi tersebut. 

Apabila Anda telah mempersiapkan materi dengan baik serta menguasainya, saya pikir itu akan menjadi point yang akan mendorong Anda untuk percaya diri. 

Namun apa jadinya jika sebaliknya? Tentu saja rasa keraguan dari dalam diri Anda akan muncul. Rasa keraguan itu sebenarnya muncul karena Anda tidak yakin pada diri Anda sendiri. 

Hal ini dikarenakan Anda selalu memberikan sugesti negatif pada diri Anda mengenai apa yang akan  terjadi nantinya. 

Bagaimana bila nanti mereka menertawakan saya? Bagaimana bila mereka mengacuhkan saya? Bagaimana bila nanti mereka mengejek saya? 

Bagaimana bila nanti saya lupa apa yang ingin saya sampaikan? Bagaimana bila nanti saya terjatuh karena tersandung sesuatu? Bagaimana bila nanti saya terpojokkan? 

Bagaimana bila nanti saya tidak bisa menjawab pertanyaan mereka? Dan seterusnya..........

Buanglah jauh-jauh pemikiran seperti itu, pemikiran yang demikian hanya akan menjerumuskan Anda.     

2. Perhatikan Penampilan Anda



penampilan


Penampilan adalah salah satu kunci meningkatkan kepercayaan diri. Pasalnya ketika Anda berbicara di depan umum, pasti semua mata yang ada akan tertuju pada Anda. 

Apabila penampilan Anda kurang bagus atau buruk, orang lain akan menilai Anda negatif dan tidak akan peduli pada apa yang Anda sampaikan dan bahkan mencelanya. 

Namun jika penampilan Anda bagus, bersih, rapi, dan tidak terlalu berlebih-lebihan, semua orang pastinya akan menilai Anda sebagai orang yang baik untuk diteladani. 

Dan tentunya orang akan memperhatikan apa yang akan Anda sampaikan kepada mereka. Maka dari itu pentingnya untuk senantiasa menjaga penampilan apalagi jika memang ingin tampil berbicara di hadapan orang banyak. 

Pada hakikatnya kita harus membangun kesan pertama yang positif pada orang lain, karena ketika Anda telah berhasil membuat kesan pertama yang baik, maka otomatis orang tersebut akan percaya dengan Anda, memperhatikan apa yang Anda katakan, dan tentunya tanpa ragu  melakukan apa yang Anda sarankan 

0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Untuk Berlangganan Trik Sukses Terbaru