Rabu, 22 Februari 2017

10 Amalan Untuk Mencapai Sukses Spiritual

1. Taubatan Nasuha

Taubat Nasuha adalah kunci utama dan paling penting diantara kunci-kunci lainnya. Kunci inilah yang akan menjadi kunci untuk membuka gerbang kesuksesan.

Sudah banyak orang yang membuktikan keampuhan dari taubat nasuha. Mereka memiliki hidup yang hancur atau bahasa kerennya "Blangsak".

Tetapi setelah melakukan yang namanya taubat nasuha, kehidupan mereka berubah 180 derajat menjadi sangat baik. Mereka yang dahulunya hidup miskin kini menjadi kaya raya. Yang dahulunya sangat dibenci orang lain, sekarang menjadi sangat dihormati.

Maukah Anda seperti mereka?

Maukah Anda mengubah hidup Anda jadi lebih baik?

Maukah Anda mengubah masa depan Anda?

Caranya sangatlah mudah, cukup melakukan taubat nasuha seperti yang dianjurkan. Sudah dijelaskan dalam surah An-Nur ayat 31 yang artinya "Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung".

Maka dari itu saya menyarankan untuk mencoba Cara Taubat Nasuha.

2. Sholat Wajib Dengan Tepat Waktu dan Khusyuk

Sholat wajib lima waktu adalah suatu ibadah yang harus di penuhi oleh muslim. Sholat ini sangatlah penting karena merupakan tiang agama.

Ibadah yang akan di hisab pertama kali oleh Allah nantinya adalah sholat lima waktu. Jika sholat Anda baik maka semua amalan baik Anda akan diterima.

Begitu pun sebaliknya. Jika sholat anda buruk maka semua amalan baik Anda tidak akan diterima.

Sholat lima waktu diibaratkan tiket dan amalan baik merupakan penumpang. Jika tidak memiliki tiket maka penumpang tidak akan diperkenankan memasuki kereta.

Jadi, Anda harus membangun kebiasaan sholat wajib tepat waktu dan khusyuk.

3. Melakukan Sholat Sunnah Qabliyah dan Ba'diyah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sholat sunnah adalah penyempurna dari sholat wajib. Namun ada pula yang berpendapat bahwa sholat sunnah berperan mengangkat sholat wajib agar sampai kepada Allah. 

Pada intinya kedua pendapat tersebut memiliki maksud yang hampir sama yaitu agar sholat wajib menjadi lebih mulia di hadapan Allah.

maka dari itu kita dianjurkan untuk senantiasa melakukan sholat sunnah rawatib, yaitu Qabliyah dan Ba'diyah

4. Melakukan Sholat Sunnah Dhuha

Banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh jika melakukan sholat dhuha. Sholat Dhuha memberikan manfaat luar biasa pada kesehatan, rohani, dan yang paling utama adalah membuka pintu kesuksesan.

Jadi usahakan untuk melaksanakan sholat dhuha minimal 4 rakaat dengan 2 kali salam, maka insyaallah pintu kesuksesan Anda akan dibukakan.
"Hai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas dalam mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (yakni sholat Dhuha), nanti pasti aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya" (HR.Abu Dawud).

5. Melakukan Sholat Malam, Tahajjud dan Witir

Salah satu waktu yang tepat ketika ingin berdo'a adalah ketika sepertiga malam. Waktu tersebut biasanya digunakan untuk melakukan sholat sunnah tahajjud. Di waktu itu Allah turun langsung untuk bertemu dengan hamba-Nya.

Maka sudah sepatutnya-lah kita menyambut-Nya dalam keadaan bersujud dengan keadaan bersih, rapi, suci dari hadas maupun najis.

Jika Anda berdo'a pada waktu selesai sholat tahajjud, insyaallah apa yang Anda inginkan akan segera tercapai atas izin-Nya.  

6. Membaca dan Memahami Arti Bacaan Al-Qur'an

Biasakan dalam keseharian Anda untuk membaca Al-Qur'an walaupun hanya beberapa lembar atau pun ayat. 

Dengan membaca Al-Qur'an insyaallah akan memberikan ketenangan rohani bagi Anda. Coba Anda rasakan sendiri, ketika Anda selesai membaca Al-Qur'an. Pasti akan terasa perbedaan ketika sebelum dan sesudah Anda membaca Al-Qur'an.

Dan akan lebih baik lagi jika Anda memahami makna setiap surah atau pun ayat yang Anda baca. Al-Qur'an mengajarkan bagaimana menuju kesuksesan dunia akhirat, Al-Qur'an mengajarkan bagaimana memperoleh kehormatan dan kekuasaan, Al-Qur'an mengajarkan bagaimana menjadi kaya raya, dan Al-Qur'an mengajarkan bagaimana cara meraih mimpi dan cita-cita.

Oleh karena itu, Anda harus  menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dalam meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

7. Menjaga Hubungan Baik dan Perbanyak Silaturahim


Agama Islam menganjurkan setiap umatnya untuk selalu menjalin tali silaturahmi dengan siapa saja. Jangan sampai karena hanya masalah kecil Anda sampai memutuskan tali silaturahmi. 

Jika Anda marah pada seseorang, jangan terlalu lama disimpan. Karena amarah hanya akan merusak diri Anda. 

Pernahkah Anda mendengar kisah ular dan gergaji. Ketika si ular lewat dan terkena mata gergaji di suatu tempat, si ular marah dan akhirnya menyerang gergaji karena merasa dirinya diserang. 

Ular tersebut terus menyerang gergaji hingga merasa puas. Namun yang terjadi adalah ular menerima banyak luka dan akhirnya mati akibat menyerang gergaji tersebut. 

Andai saja ular itu mampu menahan amarahnya, dia tidak akan mati. Dari sini dapat kita ambil pelajaran bahwa amarah tidak akan menyelesaikan masalah, melainkan hanya merusak diri Anda sendiri.

Untuk itu jangan menjadi orang yang pendendam. Jika Anda memiliki dendam kepada orang lain, jangan hanya memendamnya.

Tetapi Anda harus segera meminta maaf kepada orang tersebut. Walaupun bukan Anda yang salah, tidak ada salahnya meminta maaf. Karena derajat orang yang meminta maaf itu lebih tinggi di hadapan Allah SWT.  

8. Bersedekah Dengan Harta Yang Paling Dicintai

Coba Anda ingat-ingat kembali. Tuhan selalu memberikan Anda yang terbaik. Anda telah diberikan napas, umur, penglihatan, pendengaran, kesehatan, kebahagiaan, dan masih banyak lainnya.

Tetapi mengapa Anda tidak memerikan yang terbaik kepadanya. ketika Anda bersedekah Anda selalu memberikan uang dengan nominal yang paling kecil.

Cobalah sekali-kali untuk memberi dengan nominal yang agak besar. Jika memang Anda mencintai Allah maka pasti Allah juga akan mencintai Anda.

Coba bayangkan apabila teman akrab Anda, teman terbaik Anda memberikan sesuatu yang sangat kecil baginya kepada Anda. Bagaimana perasaan Anda?

Tentu Anda akan membalas memberinya hal yang kecil bukan?

Jangan menunggu Anda kaya baru ingin bersedekah. Tetapi bersedekah lah supaya Anda bisa kaya.

Jadi saya sarankan, apabila bersedekah, usahakan memberikan sesuatu yang terbaik. Maka bukan tidak mungkin Allah akan memberikan sesuatu yang terbaik kepada Anda.

9. Berdo'a Dengan Tenang dan Berharap Untuk Dikabulkan

Dalam memanjatkan do'a kepada Allah haruslah dalam keadaan tenang dan khusyuk, serta bersungguh-sungguh. 

Karena Allah akan senantiasa mengabulkan do'a hambanya yang bersungguh-sungguh. 

10. Muliakan Kedua Orang Tua dan Guru, Serta Berbuat Baik Kepada Orang Lain  

Anda tidak akan sukses apabila Anda tidak menerima restu dari  orang tua Anda. maka dari itu, anda harus selalu berbakti kepada orang tua apa pun alasannya. karena restu orang tua sangat berarti bagi kesuksesan anda.

Serta berbuat baiklah kepada orang lain tanpa membeda-bedakannya. karena jika kita berbuat baik kepada orang lain, insyaallah mereka juga akan berbuat baik kepada anda. 

Artikel Terkait

10 Amalan Untuk Mencapai Sukses Spiritual
4/ 5
Oleh

Mau Berlangganan?

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: