Saturday, 4 March 2017

Kisah Sukses Nabi Muhammad SAW

Nabi MIuhammad


Siapa yang tidak mengenal sosok Rasulullah Muhammas SAW. Sosok yang dikenal sebagai manusia yang menjadi suri tauladan umat manusia sedunia.

Sosok putra pasangan Abdullah dan Siti Aminah tersebut hingga sekarang masih menempati posisi pertama sebagai manusia paling berpengaruh di jagat bumi ini. Biasanya masyarakat melihat sosok dari Nabi penutup itu dari sisi kerasulannya.

Namun, tidak bagi Rektor Unissula Prof Laode Kamaluddin. Laode dalam bukunya Cerdas Bisnis Cara Rasulullah yang di launching pada hari Selasa(22/12) di Unissula pada rangkaian Gebyar Muharram Unissula justru menceritakan cara berbisnis atau jiwa wirausaha Rasulullah sebelum diangkat menjadi Nabi oleh Allah SWT.

Laode mengatakan, baginda Rasul dikenal pasca diangkatnya beliau oleh Allah SWT menjadi Nabi terakhir di muka bumi. Masyarakat meneladani semua aspek keponakan Abu Thalib ini mulai dari sikap, pola pikir, keimanan dan lain sebagainya.

 "Namun sedikit orang yang memahami bahwa Nabi Muhammad SAW merupahan seorang pebisnis luar biasa yang hampir tidak pernah mengalami kerugian," kata Laode yang mengaku membutuhkan waktu tiga bulan untuk membuat buku tersebut.

Dikatakan, Nabi Muhammad SAW sejak kecil dididik dan dikader untuk menjadi wirausaha yang handal dan jujur. Dalam Al-Qur'an diceritakan, sejak kecil beliau mengembalakan ternak para peternak kambing. Jumlahnya ratusan,

Namun, beliau selalu membawa pulang binatang itu dengan utuh dan selamat. Setelah itu ketika beliau berusia 12 tahun beliau ikut pamannya untuk berdagang dan menampakkan jiwa seorang pengusaha yang jujur dan amanah. "Puncak dari bukti kesuksesan Rasul adalah ketika melamar Siti Khadijah dengan mahar 20 unta pilihan.

Saat itu unta merupakan alat transportasi terbaik layaknya mobil sekarang ini. Bila satu mobil  dihargai Rp 900 juta misalkan, berapa harga total 20 ekor unta tersebut? Bisa mencapai triliunan" ungkapnya di hadapan ratusan mahasiswa dan civitas akademika Unissula.

Banyak tindakan hebat Nabi Muhammad seperti kejujuran, membangun jaringan, silaturahmi, dan lain sebagainya mewarnai kehidupan kekasih Allah SWT ketika masih muda. keterbatasan kondisi Nabi Muhammad sebagai anak yatim piatu dijadikan modal untuk sukses bagi Rasul.

Lewat kedisiplinan, ulet, jujur dan menerapkan strategi dagang Nabi cepat dikenal dikalangan pengusaha Arab. "Baginda Rasul pada zaman itu punya semua kriteria jiwa seorang entrepreneurship sukses seperti mental sukses, jujur, punya karakter, membangun networking di seluruh jazirah Arab, suka membantu orang lain dan serta memisahkan barang yang baik dengan yang kurang baik mutunya. Modal beliau tidak sekadar uang tetapi juga pribadi yang jujur serta amanah" tambahnya.

Meski sukses, pribadi Muhammad tidak pernah sekalipun menyiratkan kesombongan. Dia senantiasa berbagi dan tidak malu bila harus bergaul dengan masyarakat miskin yang ada di sekitarnya. Tidak memandang perbedaan status sosial.

Sehingga seluruh elemen lapisan masyarakat mulai dari level bawah, menengah, dan atas menghormati dan menghargai beliau. Semua kesuksesan beliau berhasil diraih karena dasar cinta kepada Allah SWT dan umatnya.

0 comments:

Post a Comment

Masukkan Email Untuk Berlangganan Trik Sukses Terbaru